Minggu, 31 Januari 2010

APA ITU METALLURGY?

Metalurgi adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang logam, dimulai dari penambangan bijih logam (bahan mentah) sampai proses pabrikasi (bahan jadi). Karena ruang lingkup metalurgi sangat luas, maka metalurgi dibedakan menjadi metalurgi basah (menyangkut eksplorasi) dan metalurgi kering (yang berhubungan dengan proses pabrikasi dan karakteristik logam yang bersangkutan).
Coba perhatikankan deh, benda-benda yang ada di sekeliling kita. Berapa banyak logam yang kita gunakan ?. coba hitung berat logam yang ada di rumah kita (motor, mobil, sepeda, pagar rumah, meja, kursi, besi beton, tv, kulkas, ballpoint, peralatan memasak, dan lain-lain) lalu bagi berat logam-logam tersebut dengan jumlah orang yang ada di rumah kita...Nah..di Indonesia baru 20-25 Kg logam per orang.., denger-denger sih, klau di Jepang sudah lebih dari 70 Kg logam per orang (itu juga kalau ngak salah lho..).
Jadi jelas kita masih ketinggalan jauh ya..?. Sementara itu perguruan tinggi yang memiliki jurusan Teknik Metalurgi di Indonesia baru ada 5 yaitu ITB, UI, UNJANI, UNTIRTA, dan ITS., jadi masih termasuk langka ya..padahal tingkat kemajuan suatu negara tidak bisa dilepaskan dari kemajuan industri di bidang logam.
Supaya negara kita maju, ayo kita perkuat industri logamnya. Jangan takut deh, Indonesia tuh kaya banget , ada bijih aluminium, besi, mangan, titanium, tembaga, emas, timah putih, timah hitam, seng, dan lain-lain. Sayang khan., kalau semuanya harus kita kasih ke orang asing, terus diolah sama mereka, setelah jadi, balik lagi ke negara kita...Jadi kita dapat apa ya dari semua pengolahan itu??????.
Coba deh lihat, siapa yang bisa menentukan bahan pesawat terbang harus pakai aluminium, terus blok mesin motor harus pakai aluminium cor, body mobil harus pakai baja, pesawat ruang angkasa harus pakai paduan titanium, mesin pembuat makanan harus pakai baja tahan karat, dan lain-lain.., nah..itu tuh sebenarnya salah satu kerjaan orang metalurgi.
Buat penutup, ayo coba kita lihat dari ujung kaki sampai ujung rambut., ada berapa logam yang nempel di tubuh atau pakaian kita, terus.., gimana ya ngebuatnya???

6 komentar:

  1. tulisan ilmiah, tapi pake bhs gaul..menarik juga nich

    BalasHapus
  2. mbak atau mas ya...?, makasih. Memang blog ini sengaja dibuat dlm bhs ya ringan, biar agak nyantai bacanya. tapi isinya diusahakan tetap serius..thanks ya..

    BalasHapus
  3. Pak Pradoto,,
    Keren pak,, buat bahan promosi !!!!
    hehehe ,,
    Anak Metal'09. makasih pak !!!

    BalasHapus
  4. thanks berat buat metal'09, mudah2 semuanya pada sukses...

    BalasHapus
  5. wah dosenku dah buka blog to...pa kalo boleh posting material balance untuk peleburan dunk..saya lupa lupa ingat

    metal 98

    BalasHapus
  6. Boeat Anonim - Metal-98 : Insya Allah saya posting deh..Thanks ya

    BalasHapus